1 September: Hari Buruh 1 September: Hari Polisi Wanita (Polwan) 8 September: Hari Aksara 8 September: Hari Pamong Praja 9 September: Hari Olahraga Nasional 11 September: Hari Radio Republik Indonesia (RRI) 11 September: Hari Peringatan Serangan 11 September 2001 17 September: Hari Palang Merah Indonesia 17 September: Hari Perhubungan Nasional 21 September: Hari Perdamaian Dunia 24 September: Hari Tani 26 September: Hari Statistik 27 September: Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT) 28 September: Hari Kereta Api 28 September: Hari Rabies Sedunia 28 September: Hari Tunarungu Internasional[25] 29 September: Hari Sarjana Nasional 29 September: Hari Jantung Sedunia 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965

Dukung Kreatifitas Musik Indonesia, Menpora Hadiri Grand Launching Pilot Project Bank Musik

  • Khairu Aqsara
  • Rabu, 21 Desember 2016

Menpora Imam Nahrawi menghadiri Grand Launching Pilot Project Bank Musik di halaman Museum Olahraga TMII, Selasa (1/11) siang. Pada acara yang ditandai dengan pemukulan drum tersebut Menpora berharap Bank Musik merupakan wadah untuk memfasilitasi dan mengapresiasi kreativitas pemuda di bidang musik serta memberikan edukasi masyarakat.

 

"Kita akan menikmati pemenang Festival Band Indie Pemuda yang merupakan cikal bakal rencana besar Kemenpora untuk menghidupkan dan memberikan sarana sekaligus perhatian kepada teman- teman yang punya keinginan besar untuk menghidupkan kembali musik tanah air. Dan sesungguhnya kita ingin tempat ini (museum olahraga) menjadi museum musik nasional yang pertama dibuat pemerintah," ucapnya.

 

Imam melanjutkan, 88 tahun yang akan datang, generasi tersebut bisa menikmati karya musik generasi hari ini. "Saat saya di Museum Sumpah Pemuda. Saya dan Dik Doank melihat langsung biola WR Supratman dan itu bisa kita kenang. Hari ini juga begitu, apa yang kita lakukan bisa dikenang dan di pelajari sekaligus menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia beberapa puluh tahun yang akan datang," ujar Imam.

 

"Tahun 2017 akan kami siapkan bangunan museum musik Indonesia yang bernama Bank Musik di lokasi Museum Olahraga TMII. Dan semua karya seluruh insan musik Indonesia akan kita tempatkan di sini sehingga siapapun yang datang ke sini  bisa tahu bagaimana perjuangan dan pengorbanan bisa di lihat secara langsung. Dan bagi kami musik adalah salah salah satu pemersatu NKRI," tutupnya.

 

Sebelumnya, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Eni Budi Sri Haryani melaporkan bahwa kegiatan ini adalah Grand Lounching Pilot Project Bank Musik. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya mulai bulan Januari sampai saat ini dengan sembilan event. Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan Pemuda dan Olahraga Adiati Noerdin, Staf Khusus Menpora Bidang Pemuda, Zainul Munasichin, Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Eny Budi Sri Haryani, Asdep Tenaga Kepemudaan Alman Hudri, Kepala Museum Olahraga TMII Herman Chaniago, Musisi Indonesia Bens Leo dan Dik Doank. Acara ini juga diramaikan oleh siswa-siswi SMKN 13 Jakarta dengan menampilkan pertunjukkan seni dengan judul Bersatulah Pemudaku.