1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila 2 Oktober: Hari Batik Nasional 5 Oktober: Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) 10 Oktober: Hari Kesehatan Jiwa 15 Oktober: Hari Hak Asasi Binatang 16 Oktober: Hari Parlemen Indonesia 16 Oktober: Hari Pangan Sedunia 24 Oktober: Hari Dokter Nasional 24 Oktober: Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 27 Oktober: Hari Listrik Nasional 28 Oktober: Hari Sumpah Pemuda 30 Oktober: Hari Keuangan

Kegiatan BIMTEK, Untuk Manajemen Adminsitrasi Yang Lebih Baik

  • Lintas Sektor,Pendidikan
  • Senin, 30 Oktober 2017

DEPUTI I |  Jakarta. Sekretariat Deputi Pemberdayaan Pemuda gelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Tata Naskah Dinas dan Tata Kelola Kearsipan yang berlangsung selama 7 hari di Hotel Belleza Jakarta, kegiatan dimulai dari tanggal 12 s.d 18 Oktober 2017. Bimtek ini diikuti perwakilan dari unit ke Asdepan dan internal di kedeputian pemberdayaan pemuda, yaitu staf yang mengurusi persuratan dan kearsipan dan perwakilamn dari Sesdep 2 dan 3. Kegiatan Bimtek tersebut diikuti 30 orang peserta. Kamis (12/10/17). Jakarta.  

Kegiatan yang semula direncanakan dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr. Faisal, S.H., M.Si., DFM. di wakili oleh Dr. Deswan, M.Si (Kabag Humas, Hukum dan Sisinfo Sekretariat Deputi Pemberdayaan Pemuda pembukaan serta materi di moderatori oleh Dr. Kasful Anwar, S.Pi, M.Si (Penyusun Bahan Humas pada Subbagian Humas dan Sisinfo, Bagian Humas, Hukum dan Sisnifo) dan Drs. Armadani, (Kasubag Perencanaan pada Bagian Perencanaan, SDM Aparatur dan Arsip Sekretariat Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda). 

Adapun narasumber seperti dari Internal Kemenpora.

1. Sandi Suwardi Hasan, S.Ag, M.Si. (Kabag Tata Laksana dan Kerjasama pada Biro Perencanaan dan Organisasi, Sekretariat Kementerian Pemuda dan Olahraga)

2. Dra. Bustiana MPd., M.Pd. (Kabag Sisinfo pada Biro Humas dan Hukum Kemenpora)

3. Dadang Ahmad Firdaus, S.E. (Kasubag Persuratan dan Arsip pada Tata Usaha, Biro Humas dan Hukum Sekretariat Kemenpora)  

dan narasumber dari luar external Kemenpora yaitu;

1. Taufiq Ismail, M.Kom (ANRI-Arsip Nasional Republik Indonesia)

2. Satimin, S.AP. (ANRI-Arsip Nasional Republik Indonesia)

3. Drs. Bambang P. Widodo. MSi. (ANRI-Arsip Nasional Republik Indonesia) dan 

4. Andreas Haryono ST. MMSi dari Tim IT Gunadarma   

Dalam paparanya salah satu narasumber Bambang P. Widodo mengatakan bahwa Arsip memiliki peran penting khususnya dalam pendokumentasian dan dalam metode penyimpanan berkas arsip adalah dengan melakukan pencocokan informasi terlebih dahulu, mulai dari kesesuaian informasi, dan kesamaan dalam berkas yang sama.   

“Penyimpanan yang mudah dan yang baik adalah mencocokan informasi terlebih dahulu dalam berkas yang sama dan surat menyurat atau korespondensi bisa dikatakna berkas jika disimpan menjadi satu mulai dari pengajuan dan jawaban”.   

Acara berakhir hari Rabu sore dengan menghasilkan beberapa kesimpulan tentang pelatihan Bimtek tersebut untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi terhadap pelaksanaan arsiparis yang ada di unit masing-masing. (sal)