1 Januari: Tahun Baru – Hari Libur Nasional 3 Januari: Hari Departemen Agama Republik Indonesia 5 Januari: Hari Korps Wanita Angkatan Laut 10 Januari: Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari: Hari Lingkungan Hidup Indonesia 10 Januari: Hari Tritura 15 Januari: Hari Peristiwa Laut dan Samudra atau Hari Dharma Samudra 25 Januari: Hari Gizi dan Makanan 25 Januari: Hari Kusta Internasional 5 Februari: Hari Peristiwa Kapal Tujuh, Hari Lahir HMI

Peserta KP 2018 Zona 1 Saksikan Kecanggihan Tangerang Live Room

  • Kedeputian,Kepemudaan
  • Selasa, 06 November 2018

DEPUTI 1 | Tangerang - Peserta Kirab Pemuda 2018 Zona 1 telah sampai di Kota Tangerang, Banten. Sebelum melakukan berbagai kegiatan, rombongan Kirab berjumlah 50 orang ini mengunjungi Tangerang LIVE Room (TLR) di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Banten, Senin (5/11).

 

TLR yang merupakan pusat komando Smart City di Kota berjuluk Seribu Industri dan Sejuta Jasa ini.

 

Ruangan dengan sistem digital online ini sebagai penunjang pemerintah kota dalam memberikan pelayanan yang baik untuk warga Kota Tangerang. Menampung pengaduan warga secara online dan juga memantau kinerja aparat di lapangan. 

 

Desain TLR dikemas sangat artistik. LIVE sendiri merupakan singkatan dari liveable (kota yang nyaman), investable (ramah investor), visitable (menarik untuk dikunjungi), dan e-city (berbasis teknologi).

 

Didampingi Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya, peserta Kirab Pemuda 2018 antusias menyimak penjelasan Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri mengenai operasionalisasi TLR. Mereka juga aktif bertanya dan memberikan apresiasi akan kecanggihan TLR ini.

 

Menurut Dadi, TLR dibuat oleh para pegawai Dinas Kominfo Kota Tangerang, bukan oleh pihak ketiga. Sehingga lebih efisien. “Bangsa yang besar saat ini adalah bangsa yang produktif dan menguasai teknologi digital,” kata Dadi kepada peserta Kirab Pemuda 2018.

 

Dadi mengungkapkan, pembangunan pusat kontrol Tangerang Live Room merupakan solusi bagi pemerintah daerah untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. “Sudah lebih dari 30 daerah yang mengadopsi sistem yang dimiliki Kota Tangerang. Semuanya bisa pakai tanpa biaya sepeserpun, alias gratis,” jelasnya.

 

Sekretaris Deputi Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Esa Sukmawijaya juga mengagumi keberadaaan TLR. “Memasuki ruangan sekitar TLR saya merasa seperti sedang berada di pusat perbelanjaan. Sangat artistik. Kalau memang memungkinkan, kami akan coba siapkan konsep sistemnya supaya bisa dipakai di Kemenpora,” kata Esa.

 

Setelah mengunjungi TLR, rombongan Kirab Pemuda 2018 Zona 1 langsung melakukan berbagai kegiatan. Seperti parade dan city tour, donor darah, gelar karya kreatif serta deklarasi pemuda. Peserta Kirab Pemuda 2018 Zona 1 ini berada dan melakukan berbagai kegiatan di Kota Tangerang hingga Kamis (8/11/2018). (Jir)