1 September: Hari Buruh 1 September: Hari Polisi Wanita (Polwan) 8 September: Hari Aksara 8 September: Hari Pamong Praja 9 September: Hari Olahraga Nasional 11 September: Hari Radio Republik Indonesia (RRI) 11 September: Hari Peringatan Serangan 11 September 2001 17 September: Hari Palang Merah Indonesia 17 September: Hari Perhubungan Nasional 21 September: Hari Perdamaian Dunia 24 September: Hari Tani 26 September: Hari Statistik 27 September: Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT) 28 September: Hari Kereta Api 28 September: Hari Rabies Sedunia 28 September: Hari Tunarungu Internasional[25] 29 September: Hari Sarjana Nasional 29 September: Hari Jantung Sedunia 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965 30 September: Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965

Sembelih Langsung Hewan Kurban, Menpora Ingat Masa Kecil Ketika Membantu Almarhum Ayahnya di Kampung

  • Kementerian,Religi
  • Selasa, 05 September 2017

KEMENPORA.GO.ID | Jakarta: Menyembelih hewan Kurban seperti sapi dan kambing memang dibutuhkan keahlian khusus, tidak semua orang bisa melakukan itu. Menpora Imam Nahrawi ternyata memiliki keahlian tersebut, Menteri asal Bangkalan Madura, Jawa Timur ini hari Senin (4/9) siang menyembelih langsung tiga ekor sapi dan satu kambing sebagai kurban peringatan Idul Adha di halaman Masjid Al Muwahidin, Kemenpora, Jakarta.   

Usai memimpin rapat evaluasi SEA Games 2017 di lantai 3 Kemenpora, Menpora langsung turun menuju halaman masjid yang memang sudah ditunggu oleh Panitia Idul Adha Masjid Al Muwahidin Kemenpora. Menpora yang memang mendapat tugas untuk menyembelih hewan kurban langsung melepas jaketnya dan menyakan sapi mana dulu yang mau disembelih. Dengan mengenakan kemeja putih, Menpora langsung meminta pisau yang sudah disiapkan untuk menyembelih.   

"Bismillahirohmaniroihim," kata Menpora sambil melakukan proses penyembelihan. Menpora terlihat sama sekali tidak ragu dan takut ketika manarik pisaunya di leher sapi. Keahlian Menpora dalam menyembelih sapi atau kambing ternyata sudah diajarkan ayahnya almarhum Abah Irsyad-panggilan Menpora kepada ayahnya- sejak dia kecil sampai dewasa.    

"Alhamdulilah saya bisa menyembelih tiga ekor sapi dan satu kambing tadi, ketika menyembelih saya jadi ingat almarhum ayah saya Abah Irsyad yang dulu ketika di kampung ayah saya menjadi tukang menyembelih sapi, dari kecil saya sering disuruh membantu Abah ketika Idul Adha. Kalau menyembelih saya bisa, tapi kalau untuk memisahkan daging dengan lemak-lemaaknya saya kurang ahli," kata Menpora.  

Usai menyembelih hewan kurban, Menpora bersama seluruh panitia termasuk pegawai dari Kemenpora untuk makan bersama gule kambing yang sebelumnya sudah disembelih oleh panitia terlebih dahulu. Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada panitia Idul Adha Masjid Al Muwahidin yang sudah bekerjasama dengan Baznas untuk mengingatkan kita mengelola zakat dengan baik.   

Sementara Wakil Panitia Idul Adha Masjid Kemenpora Esa Sukmawwijaya mengatakan untuk tahun ini Kemenpora menyembelih sebanyak 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing yang sudah dilakukan di beberapa daerah seperti Tanggerang Selatan, Bantar Gebang Bekasi, Kabupaten Bogor, Tegal, Matraman, Kebon Jeruk dan Kramat Raya. (amr)       

sumber | http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/11757