Lapora Pajak Lapora Pajak
Penghargaan Kemenpora Penghargaan Kemenpora
Selamat bergabung keluarga kemenpora RI Selamat bergabung keluarga kemenpora RI

Deputi 1 Faisal Abdullah Dampingi Kunker Komisi X DPR RI ke Kab. Kendal.

Kunjungan kerja dimaksudkan juga dalam rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021, Komisi X DPR RI. Sesuai agenda kunker

Deputi 1 Faisal Abdullah Dampingi Kunker Komisi X DPR RI ke Kab. Kendal. poto by adnan

DEPUTI 1 | Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah bersama rombongan DPR RI Komisi X melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Dalam kunker tersebut, rombongan diterima langsung oleh Plt. Bupati Kendal Windu Suko Basuki beserta jajaran pejabat dan staf di lingkungan pemerintah tersebut. Hadirnya Deputi 1 Kemenpora Faisal Abdullah pada pertemuan yang berlangsung di Pendopo Bahurekso Kantor Bupati Kendal merupakan bagian pendampingan, mengingat Komisi X DPR RI merupakan mitra kerja Kemenpora RI. Jumat (15/7).

Selain itu, kunjungan kerja dimaksudkan juga dalam rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021, Komisi X DPR RI. Sesuai agenda kunker, adapun pertemuan dalam rangka membahas program-program yang menjadi bagian penting agenda Komisi X DPR RI, Kemenpora RI, Kemendikbudristek RI, Kemenparekraf/Baparekraf RI dan Perpusatakaan. Pelaksanaan kunker dilaksanakan dari tanggal 12-16 Juli 2022. 

Kunker yang dilakukan sesuai amanah Undang-undang (UU) Tahun 1945 dimana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) mempunyai 3 (tiga) fungsi, yaitu, legislasi, anggaran dan pengawasan. Fungsi legislasi, pengajuan Rancangan Undang-undang (RUU) dapat berbentuk inisiatif dari DPR RI maupun Pemerintah, untuk fungsi anggaran, Pemerintah mengajukan usul Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) yang selanjutnya dibahas dan ditetapkan bersama dengan DPR RI. Sementara itu, fungsi lainnya adalah pengawasan, DPR RI mempunyai wewenang melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang (UU) dan kebijakkan Pemerintah. Pengawasan dapat dilakukan dalam bentuk Panja, Panitia Khusus (Pansus) maupun rapat dalam bentuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan Rapat Kerja (Raker), serta Kunjungan Kerja (Kunker).

"Kita akan memberi perhatian khusus pada berbagai program yang secara bersamaan menjadi tugas dan fungsi dari Komisi X DPR RI, salah satunya, dengan berbagai penambahan alokasi anggaran, seperti, pada bidang pendidikan, program-program berbasis budaya, kreativitas, pariwisata, olahraga dan infrastruktur. Turut serta juga disini Tenaga Ahli Sekretariat Komisi X DPR RI agar masukan dari teman-teman nantinya akan cepat kami tindaklanjuti," kata Ketua tim Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyampaikan, 

Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kendal Windu Suko Basuki yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kendal menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Komisi X DPR RI beserta rombongan atas kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal. Menurut Windu, Kendal dalam proses berbenah untuk menjadi lebih baik tetutama dari segi pendidikan, diantaranya, Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) dapat berjalan dengan baik sesuai Permendikbud nomor 1 tahun 2021. Windu menambahkan, adapun program Perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kendal dapat berjalan baik dan lancar, masih kata Windu, sebanyak 2.744 orang pelamar, yang dinyatakan lulus 1.575 orang. 

"Semoga dengan program-program yang ada, dapat mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing yang cerdas, sehat jasmani dan rohani, dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0 Kendal unggul," ucap Windu berharap.

Untuk diketahui kunjungan ke Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini, rombongan Komisi X DPR RI yang ikut serta sebanyak 26 orang. Hadir mendampingi beberapa stakeholder terkait. Selanjutnya, setelah selesainya pertemuan di Pendopo Bahurekso Kantor Bupati Kendal, rombongan bertolak menuju Semarang. (tam/sal/ris)

BAGIKAN :
PELAYANAN