Lapora Pajak Lapora Pajak
Penghargaan Kemenpora Penghargaan Kemenpora
Selamat bergabung keluarga kemenpora RI Selamat bergabung keluarga kemenpora RI

Duta Inspirasi Indonesia Hadirkan 68 Pemuda-Pemudi Terbaik dari 34 Provinsi Indonesia.

Rakoornas Duta Inspirasi adalah kegiatan resmi yang diadakan selama 1 tahun sekali dan dihadiri oleh perwakilan Duta Inspirasi dari 4 batch sekaligus. Rakoornas tahun ini adalah ajang temu dan apresiasi Duta Inspirasi Indonesia Batch 1-4, dan Rakoornas tahun depan untuk Batch 5-8 dan melibatkan peserta Duta Inspirasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia

Duta Inspirasi Indonesia Hadirkan 68 Pemuda-Pemudi Terbaik dari 34 Provinsi Indonesia. poto by arbi-salim

DEPUTI 1 | Jakarta, Duta Inspirasi pada Sabtu (16/5) kemarin menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakoornas). Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mewakili Deputi 1 Kemenpora Esa Sukmawijaya.

Rakoornas Duta Inspirasi adalah kegiatan resmi yang diadakan selama 1 tahun sekali dan dihadiri oleh perwakilan Duta Inspirasi dari 4 batch sekaligus. Rakoornas tahun ini adalah ajang temu dan apresiasi Duta Inspirasi Indonesia Batch 1-4, dan Rakoornas tahun depan untuk Batch 5-8.

Rakoornas ini dihadiri peserta Duta Inspirasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, serta turut hadir Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mewakili Deputi 1 Kemenpora Esa Sukma Wijaya, Kabbag Humas, Hukum dan Sisinfo Sekretariat Deputi 1 Risdiamon, Kabbid Pemetaan dan Penelusuran Iptek pada Asdep Peningkatan Iptek dan Imtaq Pemuda Yossi Ahmad Fallah.

Dalam petikan sambutannya, Esa Sukmawijaya menekankan bahwa, perlunya Pemberdayaan Pemuda disemua wilayah, yang tidak hanya berpusat di perkotaan tapi juga mampu memberdayakan para pemuda yang bisa dimulai mulai dari tingkat desa. "Kita berharap bisa memberdayakan pemuda dimulai dari pemuda di Desa," kata Esa.

Adapun gelaran Rakoornas Duta Inspirasi ini bertujuan memperkenalkan Duta Inspirasi kepada masyarakat luas, terkhusus tamu undangan yang merupakan Pejabat Pemerintah Pejabat Daerah, Akademisi, Tokoh Publik, Influencers, dan Perwakilan Komunitas, kegiatan inipun menjadi ajang silaturahmi dan apresiasi Duta Inspirasi dari 34 Provinsi di Indonesia.

Suguhan acara ini diisi dengan kegiatan, yang diantaranya penyerahan Placard, Sertifikat Penghargaan Tingkat Nasional, Bouquet Bunga, Piala Bergilir untuk Program of The Year, Trophy Bergilir untuk Provinsi of The Year, Pemaparan Grand Design Duta Inspirasi 1 Tahun Kedepan, Timeline Kegiatan, Rancangan Program, Perumusan Ide Gagasan maupun inovasi melalui hasil Forum Group Discussion (FGD) dan presentasi hasil oleh Duta Inspirasi ditiap program yang berguna untuk pengembangan di periode selanjutnya serta dan penjelasan informasi umum lainnya.

Menurut Founder Duta Inspirasi Indonesia, Safhira Alfarisi, mengatakan bahwa, Penyelenggaraan acara atau kegiatan ini dalam rangka mengimplementasikan tidak lanjut Rakoornas Kepemudaan di Surabaya tahun 2022. kegiatan bagian dari menyelaraskan harapan dan tujuan Kemenpora RI di Bidang Pemberdayaan  Pemuda. "Pada tanggal 21 April 2021 Duta Inpsirasi hadir menjadi platform youth empowerment yang memiliki 68 pemuda-pemudi terbaik binaan perwakilan 34 Provinsi yang berprestasi dan menginspirasi, dalam 1 tahun perjalanannya, kami berhasil menggerakakan dan menginspirasi lebih dari 335.000 anak muda di Indonesia," katanya.

Masih kata Safhira, Duta Inspirasi Indonesia berkomitmen untuk menjadi platform pengembangan kepemudaan terbesar dan terfavorit di Indonesia yang berbasis digital dan berkonsep suri tauladan agar dapat menginspirasi dan memberdayakan jutaan anak muda untuk kegiatan yang positif, sehingga harapannya dapat meningkatkan partisipasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pemuda agar dapat berdaya saing global dan memaksimalkan potensi bonus demografi untuk Indonesia EMAS 2045.

Untuk mendukung hal tersebut, setiap tahunnya Duta Inspirasi Indonesia menargetkan akan mengadakan Rakoornas Duta Inspirasi Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan dari 4 batch agar silaturahmi dan komunikasi semakin terjalin efektif. "Ya, kami (Duta Inspirasi-red) berkomitmen untuk bagaimana menjadi platform yang mampu memberdayakan dan menampilkan potensi yang dimiliki anak muda dari 34 provinsi itu agar menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya," kata Safhira menutup. (sal/arb)

BAGIKAN :
PELAYANAN