Deputi 1 Fasilitasi 3 Pemuda Kreatif Berprestasi Masuk Pasar Eropa Diajang TUTTOFOOD
Dalam 5 tahun terkahir ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI secara aktif memberikan penghargaan dan memperluas jejaring kemitraan internasioal melalui pengiriman delegasi pemuda kreatif berprestasi untuk tampil dan ikut serta di ajang international ke negara – negara seperti Thailand, Jepang, China dan India.
TuttoFood
DEPUTI 1 | Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda kembali memfasilitasi keikutsertaan pemuda kreatif binaan Asdep Potensi Kemandirian Pemuda dalam mempromosikan dan memberikan peluang akses pasar ke pasar global. Dalam 5 tahun terkahir ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI secara aktif memberikan penghargaan dan memperluas jejaring kemitraan internasioal melalui pengiriman delegasi pemuda kreatif berprestasi untuk tampil dan ikut serta di ajang international ke negara – negara seperti Thailand, Jepang, China dan India.
Setelah melalui proses kurasi oleh Tim Seleksi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, terpilihlah 3 (Tiga) pemuda kreatif berprestasi di bidang Food & Beverages untuk tampil di salah satu event B2B Food Industry terbesar di Eropa, TUTTOFOOD Milano pada 8 – 11 May 2023 mendatang. Kementerian Pemuda dan Olahraga RI akan menampilkan produk jajanan tradisional Indonesia (Rambut Nenek) yang dikemas secara modern dan kekinian sehingga memiliki value dan siap ekspor, Snazyboom milik Ryan Angkawijaya. Produk herbal superfood indonesia yang berasal dari kulit buah kopi, Netisane milik Sari Nurmayani asal Bandung, Jawa Barat dan terakhir produk kopi asli Indonesia yang sudah mendunia (Kopi Gayo) milik Maulana Wiga dengan brand BepahKupi.
Selain merupakan bentuk penghargaan terhadap para pemuda kreatif berprestasi pengiriman delegasi Kemenpora berkontribusi terhadap penguatan potensi kemandirian pemuda dan pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) khususnya indikator Tingkat Pengangguran serta sebagai upaya memperluas jejaring internasional. Lebih lanjut keikutsertaan Delegasi Indonesia dalam kegiatan ini sangat strategis sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam membangun kemandirian pemuda melalui penumbuhan kreativitas pemuda.
Dikenal sebagai Food’s Expo terbesar di Eropa Selatan yang dihelat 2 (dua) tahun sekali di kota Milan,Italia yang dihadiri oleh 354 Hosted Buyers dari 66 negara seperti Canada, France, UEA, Russia, Spain, Germany, United Kingdom and United States, momentum partisipasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dalam TUTTOFOOD Milano sangat strategis untuk mempromosikan produk kreatif makanan Indonesia di pasar internasional juga membuka akses pasar yang lebih luas bagi produk-produk kreatif unggulan lain dari berbagai daerah di Indonesia kedepannya.
Kemenpora merasa optimis produk kreatif pemuda Indonesia ini dapat diterima dengan baik oleh pasar Eropa dan mengharapkan agar partisipasi Delegasi Indonesia dalam festival TUTTOFOOD diharapkan menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk aktif menggali potensi diri dalam membangun peluang usaha di berbagai bidang industri kreatif.
Seiring dengan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian pemuda dan penumbuhan Kreativitas pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga berkomitmen dalam mendukung partisipasi Pemuda Kreatif berprestasi dalam berbagai expo dan event internasional. Transformasi menuju masa depan yang gemilang membutuhkan pendekatan yang berbasis ekosistem yang holistik serta inisiatif dan sinergi dari seluruh stakeholder. (redhum/asdeppk/sal/jon/hru))
#KemenporaRI #PemudaKreatifBerprestasi #IndonesiaTangguh #IndonesiaTumbuh